CARA CERDAS MEMAHAMI KARAKTER ORANG LAIN

CARA CERDAS MEMAHAMI KARAKTER ORANG LAIN

By: Kangdim

 

Dalam kehidupan sehari-hari, sebagai makhluk sosial kita selalu berhubungan dengan orang banyak; entah itu kawan, lawan, pasangan hidup atau bahkan orang yang tidak kita kenal sama sekali. Dalam konteks tertentu kita sering kali  dituntut untuk dengan cepat memahami atau paling tidak memiliki gambaran sekilas karakter orang tersebut, terutama orang yang baru kita kenal. Tetapi bagaimana caranya?

Nah… berikut ini ada beberapa tips untuk memahami karakter orang lain. Jangan tanyakan dulu akurasinya, sebab tips ini saya dapatkan secara tidak sengaja dari beberapa lembar naskah berbahasa Arab (sepertinya rubrik dalam majalah populer di Mesir). Karena judulnya menarik lalu saya terjemahkan sekilas. Mohon maaf jika terjemahannya kurang lugas, tetapi paling tidak dapat kita jadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam memahami karakter atau pribadi orang lain. Ok…silahkan membaca:

 

MENYINGKAP PRIBADI DI BALIK ES KRIM:

 

ES KRIM COKLAT

 

Jika anda menyukai es krim  dengan campuran coklat, berarti anda cenderung memiliki pribadi yang gesit, inovatif, atraktif dan menyukai kehidupan glamour. Anda dapat menghipnotis orang-orang sekitar anda dengan daya tarik dan gaya hidup. Anda lebih suka berteman daripada mengisolasi diri untuk berfikir dalam hidup. Anda lebih mengutamakan menjalin relasi harmonis dan banyak menuntut perhatian dari pihak lain.

 

ES KRIM COKLAT DENGAN CAMPURAN MINYAK NABATI

 

Sebagaimana penggemar coklat nabati, anda sangat ambisius dan percaya diri. Anda juga memperhatikan kehidupan realistis dan berorientasi masa depan. Anda membutuhkan langkan riil untuk merasa aman. Jika suatu ketika orang yang menjadi rival anda ternyata salah satu orang yang penting dalam hidup anda dan merupakan unsur kesatuan dalam hubungan anda, dengan keikhlasan, sifat amanah dan rasa percaya diri anda, maka anda lebih mengutamakan persahabatan yang langgeng dan hubungan kekeluargaan yang kokoh.

 

ES KRIM BANANA

 

Anda selayaknya penggemar es krim banana,  memiliki karakter istimewa serta menjaga keseimbangan perilaku. Anda orang sosial dan tertarik pada organisasi-organisasi serta interaksi-interaksi sosial. Dalam dunia bisnis anda cenderung memiliki banyak pesaing, tetapi tetap fokus pada sasaran. Anda sangat sensitif dan lebih mengutamakan sportifitas daripada motif keuntungan materi.

 

ES KRIM GRANULA

 

Kegemaran anda pada granula menunjukkan bahwa anda layaknya pribadi pendidik. Banyak pertimbangan sebelum mengambil keputusan dan sering mengikuti orang-orang yang menjadi atasan. Anda lebih senang bekerja jauh dari keluarga dan mengabaikan koalisi. Dalam menjalin hubungan anda sangat takut dan berhati-hati, tidak percaya cinta pada pandangan pertama, hanya untuk sekedar menjalin hubungan yang suci.

 

ES KRIM VANILA

 

Jika anda menyukai vanila, maka anda adalah orang yang suka tantangan dan lebih percaya pada insting daripada perkataan orang lain. Anda penganut, penjelajah dan identik dengan hal-hal beresiko tinggi untuk diri anda sendiri. Anda selalu tertantang untuk melampauinya. Dari sisi asmara, anda lebih berpegang pada hubungan romantis yang aman dan dapat merealisasikan kebutuhan anda di sela-sela kesibukan, seperti merealisasikan persiapan masa depan.

 

***

 

 

 

KENALI KEPRIBADIAN ANDA DARI BUKU-BUKU

YANG ANDA BACA

 

Anda yang suka pada cerita-cerita populer memiliki karakter riang dan menyenangkan, mengikuti gaya hidup yang berlaku dan “cuek” pada berbagai masalah.

Anda yang senang pada buku-buku politik:  memiliki karakter tegas dan senang ketenaran, mandiri dan menyukai tantangan, melebihi ketertarikan anda pada realitas dan tidak suka meniru orang lain dalam menjalin interaksi sosial.

Anda yang menyukai buku-buku sejarah: sangat mengidolakan masa lalu dan memiliki ingatan serta kecintaan untuk mengambil pelajaran dan nasihat dari masa lalu itu. Dia adalah pribadi yang banyak mengikuti lebih dari pada berwawasan ke depan dalam hidupnya, demikian pula suka melihat setiap hikmah sebelum mengambil suatu keputusan.

Anda yang menyukai buku-buku klasik: hampir serupa dengan karakter sebelumnya, yaitu orang yang menyukai buku-buku sejarah, hanya saja dia memiliki kecenderungan lebih untuk merealisasikan sifat sesuatu yang dia hadapi serta berpegang pada etika dan budi pekerti yang terpuji.

Anda yang menggemari buku-buku Biografi: memiliki karakter suka pamer dan sangat sombong di hadapan orang seolah-olah seperti orang yang ua baca dalam buku itu.

Anda yang menyukai buku-buku tanaman: berkarakter suka kedamaian, menjauhi ikut campur dalam urusan kehidupan yang berat atau bahaya.

Anda yang cenderung pada buku-buku sya’ir: memiliki karakter senang pada lukisan dan burung serta hewan-hewan lain. suka mengkritik puisi orang lain melebihi kesenangannya pada puisinya sendirikarena dia cepat merasa bangga dan senang.

***

 

KENALI KEPRIBADIAN TEMAN ANDA

 

Setiap orang memiliki gerakan yang khas yang menunjukkan karakternya … Dan dalam setiap gerakan tersebut memiliki arti yang dapat membantu anda memahami kepribadian orang di sekitar anda.Tetapi perlu diingat, mengamati gerakan adalah sesuatu yang mudah dan sangat terbuka kesempatan, namun pemahaman dan penafsiran gerakan-gerakan ini adalah hal lain. 

Sebagai contoh, di tengah cuaca hujan misalnya… anda menjumpai seorang perempuan yang mengatupkan jemari telapak tangannya di depan data. Anda dapat mengartikan bahwa perempuan ini sedang gundah menanti kabar dan dia tidak tahu apakah kabar baik ataukah tidak… Dia ingin menenangkan hatinya dan seolah hatinya berkata: “Akan ada kabar baik dan tidak akan terjadi apa-apa”. Atau mungkin dalam hatinya dia berkata: “Aku harus yakin bahwa aku tidak sedang dalam kegelisahan…”

Di sudut lain di tengah hujan, anda mendapati seorang lelaki yang bersedekap menyilangkan tangan tanpa dilepas sedikitpun. Sedangkan kedua kakinya saling berkait dan kedua tangannya menggenggam… Gerakan lelaki tersebut yang demikian menunjukkan sikap yang gundah, seperti sedang menanti orang yang bepergian, atau mungkin dia merupakan seorang yang sedang dalam perjalanan yang tidak diyakini, akankah perjalanannya menuai keberhasilan atau tidak …

Jika anda meninggalkan perhatian pada orang-orang yang gundah tadi… anda mungkin mendapati tiga orang sedang menelephon… salah satunya berdiri dengan tubuh yang tegak dan terlihat tegang, memperhatikan orang di depannya tanpa lepas. Lelaki seperti itu memberikan pada anda ilustrasi bahwa dia sedang berbicara dengan salah satu rivalnya di seberang yang lain dari telephon…

Sedangkan lelaki kedua berdiri santai dan cara yang nyaman sambil menaruh berat tubuhnya di atas salah satu sisi badannya… dan di tengah-tengah pembicaraannya dia berpindah ke sisi lain, demikian terus bergantian antara dua sisi, bahkan menghembuskan nafas dalam dadanya. Lelaki itu sesekali terlihat memandang ke tanah dan menundukkan kepalanya seperti menolak beban dan bergumam: “ya… ya…” Lelaki berarti sedang dalam kondisi santai, tetapi dia juga merasa sesuatu yang lain terlihat dari arah pembicaraannya namun dia berusaha menyembunyikan yang sebenarnya… Barang kali yang lawan bicaranya adalah istrinya… atau kawan lamanya…

Sedangkan lelaki ketiga anda lihat sedang menyembunyikan kerut wajahnya dan membalikkan punggung… sementara badannya tersembunyi sehingga orang yang lewat tidak dapat melihatnya. Pundaknya yang memunggungi menyembunyikan wajahnya dari pengelihatan, sampai kepalanya condong ke salah satu arah. Dia juga menahan telephon dengan telapak tangannya… seperti sedang mendengar telephon yang berbicara sendiri…  Orang seperti ini sepertinya sedang membicarakan sesuatu yang bersifat rahasia

.****

 

ARTI SENYUMAN

   

Sekarang kita beralih dari hujan ke senyuman… Terdapat beberapa jenis senyum yang populer…. Senyum yang sedang, lebar, melintang…dan senyum kecut.

·            Senyum sedang… giginya tidak terlihat. Kita sering saksikan senyum ini jika seseorang tidak sedang bergabung dalam suatu yang sedang berlangsung… dia sedang tersenyum untuk dirinya sendiri saja….   

·            Senyuman lebar… sehingga gigi-gigi terlihat dengan jelas dan terbuka tertangkap oleh pandangan mata… senyuman ini pada umumnya senyum penyambutan di tengah pertemuan antara teman atau ketika orang tua bertemu dengan anaknya…

·            Senyum yang melintang… anda melihatnya dalam bentuk yang umum di sela-sela pemandangan yang terhampar…Ia merupakan senyuman yang memiliki hubungan dengan tawa. Gigi yang atas dan bawah terbuka dan jelas terlihat… jarang-jarang terjadi dalam pandangan mata umum senyum ini.

·            Senyum memanjang… senyum ini terjadi ketika kita hendak berbicara dengan hati-hati. Kedua bibir menutup gigi yang atas dan bawah… Senyum yang demikian tidak mengandung arti yang mendalam… Ia memang senyuman tetapi pada kenyataannya terasa hambar…

·            Ada juga yang disebut dengan senyum kecut…  hanya terlihat pada wajah gadis-gadis yang ketakutan.

·            Ada juga senyum sambil jalan… Manusia pada umumnya memiliki sifat sesuai dengan perilaku ayam jantan… sebagian orang berjalan sempurna seperti ayam jantan yang terkadang sombong…

·            Kita biasa menjumpai seorang yang berjalan cepat sambil berkacak tangan dan lengan baju terbuka… Orang demikian biasanya sedang berada di belakang urusan tertentu…

·            Sedangkan orang yang berjalan sambil menyelipkan tangannya di saku celana… bahkan seandainya cuaca sedang panas lelaki ini tetap menyembunyikan tangannya… Yang seperti ini adalah orang yang suka meremehkan orang lain…

·            Adapun lelaki yang berjalan sambil menyeret langkah kakinya, sementara kedua tangannya berada dalam saku celana, sesekali melihat ke atas atau menatap ke arah ia berjalan… Lelaki yang demikian sedang bersedih dan gundah…

·            Sedangkan lelaki yang berjalan dengan langkah sangat lambat… kadang-kadang berhenti untuk menendang kerikil kecil yang dia temukan di jalan… sambil menunduk kecil untuk membalikkan selembar daun lalu ditinggalkan di atas tanah… berarti lelaki ini sedang sibuk berfikir dan konsentrasi memikirkan sesuatu….

·            Ada lelaki yang berjalan sambil membusungkan dada… mengangkat dagunya… Menggerakkan kedua tangannya ketika sedang berjalan dalam sikap berlebihan, sementara kedua kakinya direnggangkan… langkahnya lebar… Lelaki demikian bangga pada dirinya dan sedikit terlena, lupa diri…

 

***

 

 

UNGKAP PENYAKIT ANDA DENGAN METODE MENGAMATI GARIS WAJAH ANDA!

 

Orang-orang China memiliki kelebihan dalam membaca garis wajah dan apa yang tergurat pada dua sisinya untuk mengetahui kondisi kesehatan, serta menentukan langkah-langkah antisipasi sebelum terjadi sakit. Para tabib Cina sanyat meyakini bahwa wajah adalah cermin bagi tubuh. Dia laksana selembar kertas yang tertulis di atasnya rumus-rumus, jika diketahui orang yang dapat membacanya akan tampaklah kondisi kesehatan pemiliknya. Dunia belum mengenal metode pengobatan tersebut kecuali akhir-akhir ini setelah para peneliti mulai berusaha memperhatikan setiap hal yang langka. Tetapi pengobatan China yang dipercaya sejak semula lebih baik daripada seribu jenis obat tidak lahir kemarin sore, melainkan merujuk pada abad keenam Sebelum Masehi. Ia merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari bagian kehidupan yang sempurna.

Para tabib China berpendapat bahwa setiap yang tersirat di wajah berhubungan dengan anggota dalam melalui sirkuit saraf kekuatan. Karena itu ketika kekuatan ini mulai melemah akan berpengaruh pada anggota tubuh dengan rasa capek dan lesu, sehingga terlihat tanda-tanda di pori-pori wajah seperti belang kemerah-merahan atau bercak di bawah dua mata ataupun munculnya garis-garis keras, atau bibir yang kering dan pecah, dan semua itu menunjukkan pada tersumbatnya salah satu sirkuit saraf perasa.

Jika sebagian dokter di Barat menentang metode pengobatan ini, sejatinya mereka telah menggunakannya tanpa sepengetahuan mereka! Bukankah seorang dokter menggunakan (tanda) di dalam kelopak mata sisi bawah untuk mengecek kondisi darah? Bukankah sudah populer bahwa bercak yang menyebar di sekitar mata menunjukkan rendahnya cairan tubuh?

Dokter John Candevour, penulis buku “10 Hari Perenungan” mengatakan: “jika anda membahas berbagai gaya dalam mengobati problem-problem kulit, anda terkadang perlu banyak melihat di balik wajah”.   

Karena itu, perhatikanlah sebagian tanda yang dapat menunjukkan  kondisi kesehatan anda:

 

1-       Tanda-tanda:

Kulit wajah berminyak, muncul garis-garis keras dan berkerut, kemerah-merahan di antara dua alis, kemerah-merahan  dan bengkak di kelopak mata.

Indikasi: Penyakit dalam hati (liver)

Cara penyembuhan:

Usahakan kondisi hati terbebas dari lemak dan minyak. Mudahkan usahanya dengan cara mengurangi konsumsi anda akan minyak hewani dan susu serta keju, biji-bijian, gula dan minuman bersoda. Tingkatkan konsumsi anda pada sayur hijau karena ia adalah sumber penting bagi unsur Betakarotin yang dibutuhkan hati. Masaklah makanan dengan sempurna dan makanlah dua jam sebelum beranjak tidur. Orang-orang China beranggapan bahwa hati dapat dibebaskan dari lemak antara malam yang ke sebelas dan fajar yang ketiga. Karena itu, sebaiknya tidak membebaninya pada waktu-waktu akhir, usahakan agar anda bersabar karena tabib China berpendapat bahwa hati adalah tempaty persembunyian nyawa.

 

2-       Tanda-tanda

Belang-belang di bawah kelopak mata

Indikasi: Ginjal bermasalah

Upaya Penyembuhan:

Buah pinggang berperan sebagai filter yang membersihkan darah dari kotoran dan mengembalikan kadar sel dalam tubuh. Adapun garam, kafein dapat merusak fungsi ini. Karena itu harus ditekan seminimal mungkin. Demikian juga wajib mengurangi makanan yang dingin dan es serta makanan-makanan yang dibakar, seperti roti panggang karena bisa menambah buruk kondisi. Konsumsilah makanan ringan dan agak hangat dan utamakan biji-bijian dan hijau-hijauan liar, maksudnya yang tumbuh dari dalam tanah. Tambahlah waktu tidur anda dan biarkan mata anda terpejam, karena ia merupakan pusat titik tekanan yang berhubungan dengan dua ginjal yang sedang terganggu fungsinya.

 

3-       Tanda-tanda:

Bibir kering dan pecah-pecah serta warnanya kebiru-biruan

Indikasi: Penyakit dalam lambung

Penyembuhan:

Kurangi mengkonsumsi makanan mentah dan biji-bijian karena dapat membebani fungsi pencernaan dan terkadang menyebabkan munculnya semacam asam. Dan karenanya jauhi makan yang diproses dengan kasar serta makanan yang ditumbuk, karena ia memerlukan proses pencernaan yang berat. Gantilah dengan nasi kuning dana hijau-hijauan. Jangan lupa kunyahlah makanan anda dengan baik (20 kali setiap satu suap) dan jangan memaksakan aktivitas anda, tapi anda diperbolehkan melakukan aktivitas lain seperti membaca, berbicara atau menonton televisi.

  

4-       Tanda-tanda

Bercak kebiru-biruan atau kehijau-hijauan di mata dekat dengan hidung

Indikasi: Gangguan pada pankreas

Penyembuhan:

Pankreas memiliki fungsi memisahkan insulin yang berperan menjaga kenormalan kadar gula dalam darah. Kurangi mengkonsumsi makanan berlemak dan yang dimasak serta dipanaskan berlebihan, karena ia dapat menghilangkan kestabilan gula. Gantilah dengan makanan hijau dan sari pati yang tidak cepat terbaka serta buah-buahan matang dan biji-bijian. Jangan sampai lupa sarapan dan usahakan memasukkan bij-bijian dengan sempurna serta mentega dengan sempurna pula. Terkadang melakukan tugas kecil dan terpisah-pisah lebih baik dari pada satu atau dua tugas yang besar karena dapat mencegah kestabilan kadar gula.

 

5-       Tanda-tanda:

Warna kedua telinga lebih merah daripada wajah, kedua mata kabur dan dilingkari bercak kehitaman.

Indikasi: Pembengkakan Hormon Adrenalin

Penyembuhan:

Hormon Adrenalin berperang penting bagi sekian banyak jenis hormon. Kondisi kelelahan jiwa dan fisik dapat menyebabkan pembengkakan Andrenalin dalam bentuk yang kuat dan mempercepat kerusakan hati serta meningkatkan peredaran darah. Jalanilah hidup dengan santai. Pecahkan apa yang menyebabkan stress dan ambillah jalan pintas untuk menyelesaikannya. Yoga sangat membantu. Hindari mengkonsumsi minum kopi dan minuman bersoda yang banyak mengandung kafein karena dapat menambah pembengkakan Adrenalin.

  

6-       Munculnya otot-otot kecil yang menonjol serta pipi kemerahan

Indikasi: Kerusakan saluran pernafasan

Penyembuhan:

Hentikanlah mengkonsumsi produk susu dan keju yang dapat menambah sakit dada. Konsumsilah nasi dan hijau-hijauan yang berdaun, suguhkan jahe hangat-hangat karena dapat meringankan penumpukan dahak. Hiruplah udara bersih sebisa mungkin dan tatalah tempat kerja anda senyaman mungkin serta tambahlah tumbuhan hijau di sekitar anda karena dapat meningkatkan kadar oksigen di udara. Usahakan untuk menyanyi sekali saja setiap hari untuk membuat rileks anda dan menghilangkan ketegangan anda.

 

***

 

About these ads

Tentang Didim

aku adalah pencari "Tuhan", aku adalah pencari "Kedamaian", aku adalah pencari "keserasian hidup"
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , , . Tandai permalink.

32 Balasan ke CARA CERDAS MEMAHAMI KARAKTER ORANG LAIN

  1. linda do@nk berkata:

    thank’s infonya…nice artikel :)

    salam kenal dr wong palembang

  2. andriy berkata:

    emangnya dah pernah membuktikan sendiri kah dari tulisan ini?
    paling tidak beberapa sample mungkin, taw cuma asal comot dari artikel orang laen mbak?

  3. LiYnDaRaCuNd berkata:

    ThankS yE.. AtAs TipSx

  4. Zhuye Gilbert berkata:

    thank’s ist ok….

  5. Budi sulistiono berkata:

    Terimakasih , dngan membaca tulisan anda, saya telah bnyak memperoleh ilmu, dan saya mohon, saya minta kiriman tips2 yg lain ke email saya sls_boedhy@yahoo.co.id dan sblumnya trmksh.

  6. suprapto berkata:

    saya ucapkan terimakasih, karena dengan membaca terjemahan anda sya punya pengalaman tentang pemahaman kesehatan pada diri saya sendiri. dan sya minta kiriman tips2 yang lain kemail saya { dmichelduns@yahoo.com }

  7. kangdim berkata:

    Sama2 mr. Prapto. Mudah2an lain kali kita bisa saling tukar informasi lebih banyak.

  8. kangdim berkata:

    Sama2 mas Budi. Kita saling tular informasi ya.. Saya juga pingin banyak berguru kepada yang laen, termasuk mas Budi.

  9. indra berkata:

    thaxs ya tips2 nya?

  10. fitr4y berkata:

    Hai, kangdim, akhirnya aku menemukan mu juga, info’a bagus2 , tapi belum semua ku baca, ntar aku balik lagi biar bisa baca semua, thanks …

  11. Jenny berkata:

    info yang menarik untuk dicoba,,,

  12. Nganar-nganar berkata:

    Info yg bgs bwt nambah wawasan…

    Thx

  13. mawar berkata:

    Lumayan….

  14. alkarima berkata:

    bagussss kan tipsssnya………!!!!!!!!

  15. naila berkata:

    wahhhh…tipsnya bagus…jd tambah wawasan dehhh……

  16. me . berkata:

    beneran gaa sii ni ?

  17. fadly chiko berkata:

    asyik menambah pengetahuan

  18. puciko akino berkata:

    camsya camsya tas wacananya

  19. tiya berkata:

    thanks ya ats info ny,,
    ckrg aq ud sdkit mngerti tntang cara memahami karakter seseorank,,,,,,,

  20. yuli yuliawati berkata:

    oke,,juga

  21. nenek imah berkata:

    hisakam sata ofni nya

  22. bagus banget informasinya,, bermanfaat…
    makasih ya…:)

  23. Dhesti berkata:

    _like..

  24. ZULKIFLI, NASUTION berkata:

    TANKS YA ATAS INFORMASINYA

  25. humaidi berkata:

    mantep bngeeeet..maksih ya ats artikelnya

  26. nice article..tapi masih ragu nih apakah ramalan itu benar dan 100%jitu apa cuma kemungkinan aja???

  27. Yuris Yustisia berkata:

    apakah semua ini benar…..?
    apa sudah membuktikan ….

  28. ibat berkata:

    bagus

  29. membacawajah berkata:

    sya suka bnget sma es krim coklat dan sbagian dri kta”nya emang bner gan, tpi yg sbagian enggk :p
    trima ksih ya gan tuk ilmu’a ;)
    sukses trus deh gan :)

  30. Anonymous berkata:

    thanks ats tips ny,,,,, slm knl jx

  31. ochie berkata:

    thanks atas saran.a,,,
    kereennn,,,

Terimakasih atas kunjungan dan komentar anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s