MITOS-MITOS JAWA

MITOS-MITOS JAWA

Masyarakat Jawa memiliki ikatan yang erat dengan alam. Itu juga sebabnya mereka sangat memperhatikan kejadian-kejadian alam sekitar sebagai pertanda bagi kejadian-kejadian lain. Sebenarnya hal itu bermula dari ilmu “titen”, yaitu ilmu mendeteksi suatu kejadian yang konstan, terjadi terus-menerus dan berkaitan dengan kejadian lain yang juga konstan berlangsung dalam kondisi yang sama atau serupa.

Generasi akhir yang tidak memahami filosofi ilmu titen ini, mereka menganggap sebagai mitos yang pada satu sisi dianggap kejadian magis dan diyakini sepenuhnya, ada juga yang mengaitkan dengan faham keagamaan tertentu dan dihukumi musyrik.

Tapi, di sini bukan tempatnya untuk memperdebatkan hal itu. Saya hanya ingin mengingat kembali, bernostalgia dengan wejangan kakek-nenek di masa lalu tentang mitos-mitos itu. Sekali lagi bukan untuk mempengaruhi atau menjerumuskan. Ini sekedar penyadaran bahwa masyarakat kita (khususnya Jawa) memiliki sistem budaya tersendiri yang sudah begitu mengakar.

Di antara mitos-mitos itu berkaitan dengan binatang. Pesan saya kalau ada yang masih ingat dengan mitos lain seputar binatang, tolong di share ya, supaya semakin lengkap wawasan saya. Silahkan simak ulasan berikut (Artikel ini saya muat di dua blog; didim76.multiply.com dan kangdim.wordpress.com):

Manuk prenjak nitir (burung prenjak berkicau terus):

Orang Jawa punya cara yang unik untuk mendeteksi kehadiran tamu. Bahkan cara mereka ini tergolong lebih canggih ketimbang CCTV atau radar, sebab mampu memprediksi jauh-jauh hari seperti apa tamu yang akan berkunjung ke rumahnya, yaitu ketika di depan rumahnya ada burung prenjak (pipit) yang terus-terusan berkicau.

Jika posisi si burung tepat di depan rumah atau sisi kanan rumah, tandanya akan ada tamu istimewa yang membawa kebaikan.

Jika posisi di sebelah kiri atau di belakang rumah, tandanya tamu yang akan datang membawa petaka.

Kupu menclok ning omah (kupu-kupu hinggap di dalam rumah):

Masih tentang cara memprediksi tamu yang akan datang, ternyata kupu-kupu juga bisa memberi gambaran seperti apa tamu yang akan menyambangi rumah kita.

Jika kupu-kupunya masuk rumah dan hinggap di meja atau kursi tandanya akan ada tamu yang datanf. Perhatikan juga bentuk dan warna kupu-kupunya sebagai cerminan seperti apa tamu yang akan datang.

Kalau kupu-kupunya berwarna putih cantik, yang akan datang juga putih cantik. Siapa tahu Luna Maya yang datang.

Tapi kalo yang masuk rumah kupu-kupunya hitam serem, berarti yang akan datang body guard atau orang yang akan nagih hutang, mungkin juga Nurdin M.Top.

Kalau kupu-kupu itu mengelilingi atau hinggap di badan si pemilik rumah, maka tamu yang akan datang adalah orang yang sangat dekat, bisa sahabat, saudara, pacar atau yang lain.

Manuk dares manggung (burung pungguk manggung):

Masih tentang burung, orang Jawa juga bisa memprediksi kejadian-kejadian di lingkungan sekitarnya melalui kicauan burung. Ini misalnya:

Kalau ada burung pungguk manggung sudah lewat tengah malam sampai jelang pagi, tandanya ada tetangga yang melahirkan.

Jika waktu manggungnya sebelum lewat tengah malam tandanya ada tetangga yang hamil di luar nikah.

Manuk gagak mider-mider (burung gagak berputar-putar di atas rumah)

Hati-hati kalau lihat burung gagak (garuda) berputar-putar di atas rumah. Sebab konon akan ada penghuni rumah yang segera meninggal. Mau tahu alasannya? Katanya sih burung gagak itu nggondol nyowo (membawa nyawa). Logis kan? Sebab kalau tidak membawa nyawa, mana bisa dia terbang berputar-putar di atas rumah?

Pitik Jago kluruk (ayam jantan berkokok):

Ayam, yang selama ini hanya kita kenal sebagai menu andalan KFC dan Mc D, ternyata mampu memberikan “tera” kepada masyarakat Jawa tentang apa yang akan atau sedang terjadi.

Kalau ada ayam jantang berkokok sore hari atau sebelum tengah malam, akan ada “pagebluk”(wabah penyakit) atau gangguan dari makhluk halus.

Kalau berkokoknya lewat tengah malam sampai menjelang pagi, tandanya sudah waktunya bangun pagi, terus senam pagi jangan lupa minum kopi.

Bermimpi tentang ayam:

Ini penting bagi para jomblowan-jomblowati yang sedang dalam proses mencari jodoh. Tidak perlu datang ke para normal untuk mengetahui seperti apa jodohnya. Kalau mimpi menangkap ayam dara, maka akan mendapat jodoh yang masih gadis atau perjaka.

Tetapi kalau yang didapat ayam yang sudah bertelur atau sedang mengeram, berarti jodohnya dah hamil duluan atau kalau cowok “sedang punya tanggung jawab atas kehamilan orang lain”, he he.

Parahnya lagi kalau yang didapat ayam yang sudah beranak, berarti jodohnya ya janda beranak tiga, empat sampai dua belas (di sesuaikan dengan jumlah ayam yang di dapet).

Mimpi tentang jenis anak yang sedang dikandung istri:

Di zaman serba canggih sekrang ini, kedokteran sudah mampu memberi jawaban hampir pasti tentang jenis kelamin anak yang masih dalam kandungan. Tapi kan perlu biaya dan kadang suami males nganter istri ke dokter. Jangan khawatir, moyang kita orang jawa punya cara yang murah meriah, lewat mimpi.

Konon kalau mimpi melihat binatang jenis ternak berkaki empat (sapi, kerbau, kambing, komodo, dinosaurus, keledai, kadal dll) maka anak yang dikandung istri berjenis laki-laki.

Tapi kalau yang dilihat dalam mimpi jenis binatang unggas (burung, ayam, Angsa, bebek, dll), maka anaknya kemungkinan besar berjenis perempuan.

Masalahnya kemudian, mitos Jawa tidak menjelaskan apa jenis anak kalau yang dilihat dalam mimpi jenis binatang yang bukan ternak berkaki empat dan bukan juga jenis unggas. Misalnya mimpi lihat ulat, ular, kodok, nyamul, mikroba, virus flu babi, flu burung bahkan virus HIV. Barang kali kalau yang dilihat jenis yang gituan anaknya tidak jelas juga, laki-laki bukan perempuan juga bukan?

Mimpi bertemu Ular

Kayaknya sudah pada tahu deh, kalau kita mimpi ketemu ular, apalagi digigit, itu tandanya kita akan ketemu calon jodoh, pacar atau idola.

Mimpi bertemu harimau

Kalau ada yang bermimpi di tengah malam bertemu harimau atau sejenis, siap-siap saja besok atau beberapa hari lagi akan bertemu dengan seorang tokoh besar.

Mimpi bertemu anjing

Lain lagi kalau mimpinya ketemu anjing, berarti orang tersebut akan mengalami sesuatu yang tidak menyenangkan. Apalagi sampi digigit anjing itu. Dalam mitos Jawa anjing identik dengan kehadiran setan.

Menabrak kucing

Ini mitos yang sudah dikenal luas, kalu pas kita bepergian lalu tanpa sengaja menabrak kucing, hati-hati saja. Sebab bisa jadi kita juga akan mengalami kecelakaan di jalan.

Bersambung…….

62 pemikiran pada “MITOS-MITOS JAWA

  1. ah Pak Dim, mengingatkan segala kilasan yang pernah benar-benar hidup di masa kecil, dn juga, meretas sikap yang lebih renyah,

  2. mitos kan cuman khayalan orang dulu.. tappi asyiknya slalu jadi kenyataan bahkan sampai skarang…. keren yaa…

  3. Iya tuh, namanya mitos, boleh percaya boleh tidak. Yang penting seru juga untuk dibahas kan?

  4. memang debby n eva ettu cuAnntiqk byngtzz lhow . . .
    n mnrut qTa ,, npz kugk mithe yg laen x gk d mnculinn ,, npz muztii NYAI RORO KIDUL ceee ? bosenn ach . . . yg len po.ooo . . .

  5. aku sbg masya rakat jawa masih percaya kl umat manusia itu punya pendampimg di namakan roh atau jiwa orang yg meninggal di sesuatu tempat

  6. Wong jowo iku ilmune duwur2,pinter2. ojo pisan2 nyepelekke wong jowo.
    (ORANG JAWA ITU ILMUNYA TINGGI2,PINTAR2. . JANGAN SEKALI2 MEREMEHKAN ORANG JAWA) ilmu titen iku canggih.
    justru orang skarng ne goblok2. .bodoh2. budaya sndri di buang,budaya orang lain di bwa2. PEKOK

  7. Emangnya bener yak klo mimpi anjing dapet yg tidak menyenangkan setahuku anjiing itu kan bawa untung jagain rumah trus kan ga identik ama setan??

  8. Aku ne org jawa asli,.tp q kq ru dger ea lok mitos org jawa it bnyak,.
    Lok q prcya gk prcya ma mitos,lok mitos e baek q prcya tp lok sblike ea gk prcya.,,

  9. Kalau ada ular di teras di pagi hari, kta orang tua tidak boleh dibunuh, kira kira apa artinya ya?

  10. Ping balik: Tugas Softskill 1 : Matematika & IAD# | rachmaaulia

  11. kan kasian ularny kalo di bunuh,, pengen idup juga tuh ular :D
    lagian pagi2 udah mo bunuh binatang.. kata orang tua gak bolehh,, tar dosa! hahha

  12. Kulo bade tanglet gus. Kulo sampon tigang dalu mimpi nilaar ake sederek kulo. Niku tondone nopo gus. ? Niku tondoh2 apik nopo elek .. ? matur suwon gus. Sugeng dalu

  13. He.he… Nyuwun ngapunten Yai. Dalem sanes piyantun ingkang winasis babakan ‘ngimpi’. Artikel ingkang dalem upload namung pangemut2 pengendikane poro sepuh wekdal dalem taksih alit.

  14. Dalam mitos jawa, ayam atau burung memiliki arti “Perempuan”. Jadi apa kira2 artinya ? he he

  15. Namanya juga mitos… Kebenarannya tidak bisa selalu dipegang, tetapi hanya berdasarkan kebiasaan yang terjadi…he he

  16. Ku prcaya ko’ dgn mitos trsebut….hukum alam itu berlaku,org” yg gk prcaya brarti gk cinta alam….dan Allah sllu mmbrikan ptunjuk..lwat mimpi…maupun mitos trsbut…!!coba klu org skitny dah prah…pasti di rehabilitasnya di alam trbuka…kan itu mitos…tp..jd obat mujarab yg mnybuhkan….!!!siiip….kmbangkn truss yaah…artikelny….ku sukaaa……matur nuwon..

  17. memang semua nya anggapan kita mitos.. merpati jaman dulu. merpati jaman sekarang kan udah beda.. merpati dulu berwarna putih. merpati sekarang memakai pramugari yang putih2. cantik lagi…

  18. aq pny rmh n salah satu kuncix dipegang ayah mertua,….kalo kata ibuku itu ngga boleh/pamali soalnya menurut adat jawa satu rumah ga boleh ada 2 majikan….bener ga ya??…

Terimakasih atas kunjungan dan komentar anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s