Ini dia mobil bagi yang berkantong tipis….!

Ini dia mobil bagi yang berkantong tipis….!

Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, mobil masih merupakan barang mewah. Sekalipun di sepanjang jalan kita dapat melihat mobil bersliweran, tetap saja itu masih terbatas bagi kalangan menengah ke atas. Tapi kini kita sudah boleh sedikit berharap, sebab kabarnya akan ada mobil murah produk anak bangsa yang siap diproduksi secara massal. Kapan pastinya sih belum tahu, tapi silahkan baca artikel kutipan dari kompas ini sembari nunggu dan berharap; impian anda memiliki mobil pribadi segera terwujud.

UPV, Mobil Mikro Indonesia Seharga Rp 30 Juta
Sebagaimana dikutip dari Kompas.com, obsesi orang Indonesia membuat mobil dengan harga terjangkau masyarakat bawah ternyata tidak kalah gencar dengan Ratan Tata dari India yang telah membuat Tata Nano. Kalau Nano yang telah menghebohkan dunia dijual—dengan harga dasar 1 lakh atau 100.000 rupee—Rp 21 juta, orang Indonesia ingin membuat mobil kecil alias microcar dengan target harga termahal Rp 30 juta.
Itulah yang disampaikan oleh Widya Aryadi, seorang dosen muda yang kreatif dan punya banyak penemuan otomotif dari Universitas Negeri Semarang (Unnes), Senin (18/5). Kini, berkoalisi dengan Anis Muhammad Mufid, ia mendirikan Arina Motors Development di Semarang, Jawa Tengah, untuk mewujudkan keinginannya, membuat microcar atau mobil mungil. Mobil yang lahir dari hasil benak dan kreativitas asli anak bangsa Indonesia.

Lebih Mungil
Lahirlah sebuah prototipe mobil mikro yang dirancang untuk orang kota. Widya menyebutnya UPV atau Urban Personal Vehicle. Dengan dukungan Pemda Jawa Tengah, mobil ini pun dipamerkan di ajang Pameran Produksi Indonesia (PPI) 2009 yang diselenggarakan Departemen Perindustrian, minggu lalu (13-17 Mei). Ternyata, penampilan dan konsep yang ditawarkan Widya pada UPV ini menarik pengunjung. Buktinya, ia menerima pesanan dari luar. “Sebenarnya kami menerima pesan 300 unit dari Belanda. Namun, belum bisa dipenuhi karena keterbatasan kondisi saat ini,” ujar Anis.
Sementara itu, menurut Widya, beberapa pengusaha dari China penasaran melihat mobil ini. Pasalnya, “Di China, mobil kecil baru dalam bentuk tiga roda. Kalau kami sudah empat roda,” ucapnya. Di samping itu, desain mobil ini asli dan bukan ”copy paste”. Dimensi mobil ini memang sangat mungil. Lebih mungil dari Nano yang memiliki panjang 3,1 meter. UPV ini berdimensi: panjang 2,05 meter, lebar 1,15 meter, tinggi 1,6 meter, jarak sumbu roda 1,75 meter, dengan berat total prototipe 400 kg. “Kalau sudah jadi, targetnya 300 kg,” kata Widya.
Prototipe pertama menggunakan dua pintu samping berukuran besar. Ukuran lebar pintu ini 1,2 meter. Karena itu, ketika dibuka, seluruh interior terlihat jelas.

Irit
Sebagai alat transportasi kota pengganti sepeda motor, dengan menggunakan mesin Viar, 150 cc, SOHC, dan menghasilkan tenaga 9PS, menurut Widya, konsumsi bahan bakar UPV bisa mencapai 40 km per liter. “Orang BBC bilang, mobil ini lebih irit dari sepeda motor,” ungkapnya mengutip komentar kru BBC tersebut. Hebatnya lagi, BBC membuat liputan khusus tentang mobil ini. Diceritakan, televisi Inggris tersebut telah mempersiapkan skenario sendiri, yaitu keluarga yang punya banyak anak tinggal di gang sempit.
“Nah, dengan menggunakan UPV, mereka naik ramai-ramai. Lebih aman dibandingkan berjejal naik sepeda motor,” ujarnya. Tepatnya, UPV ini memanusiakan manusia Indonesia yang hanya mampu membeli sepeda motor. “Naik motor dengan anggota keluarga lain sangat berbahaya. Di samping itu, kalau hujan, harus mencari tempat berteduh. Dengan kendaraan seperti UPV ini, kondisi tersebut bisa dicegah. Lebih aman buat kebanyakan keluarga di Indonesia yang cuma mampu membeli sepeda motor,” ujarnya.
Dia menambahkan, jangan mengharapkan UPV seperti mobil-mobil yang ada di pasar Indonesia saat ini. “Itu buat mereka yang sudah mampu!” katanya.

Tes
Kendati masih tahap prototipe pertama, mobil ini mampu bergerak dengan lincah dan cukup stabil. Kenyamanan juga relatif baik. Hanya, tampak ia agak repot melakukan perpindahan gigi. Dasbor sangat sederhana dan diambil dari motor. Suspensi, pakai double wishbone yang dibuat sendiri dari pipa dan mencotek dari Mitsubishi Mini Colt.
Cukup menarik, dengan lebarnya hanya 1,2 meter, UPV begitu gampang melewati ruang sempit. Bahkan, ketika dinaikkan ke truk untuk kembali ke Semarang, mobil ini dengan mudah meluncur di teras gedung bari PRJ. Berarti, kemampuannya menyelusup sama seperti sepeda motor atau Bajaj roda tiga.

Kesimpulan
Interior cukup lega. Namun, tentu saja masih banyak kekurangan. Misalnya di depan penumpang depan. Kaki kurang bebas selonjor. Ternyata, tangki bensin berkapasitas 15 liter ditempatkan di sana. Nantinya setelah disempurnakan tangki itu akan dipindahkan.
Kursi pun masih fibreglass, statis, dan tidak bisa disetel. Sistem kontrol di setir dan dasbor masih menggunakan sepeda motor ini. Ini masi
h jauh dari kondisi standar yang dinginkan. Bodi mobil ini dibuat dari pelat 0,8 mm sehingga bobotnya jadi berat.
Versi kedua, yang sudah lebih baik dan akan dipamerkan di IIMS (Indonesia International Motor Show) Juli dan Agustus mendatang, bodinya dibuat dari fibreglass. Juga sudah dilengkapi pintu belakang atau ketiga. Jadi, untuk sementara silahkan sisihkan sedikit pendapatan dan jangan keburu kredit motor yang ternyata harganya juga sudah gila-gilaan. Kan kelihatan lebih berkelas pake mobil ketimbang motor. Tul kan?

UPV

20 pemikiran pada “Ini dia mobil bagi yang berkantong tipis….!

  1. BAGUS DAN HEBAT, PERLU DITERUSKAN….
    TAPI INGAT JANGAN LUPA MEMPRODUKSI JUGA SPARE SPART2NYA…TERLEBIH DAHULU….
    PERLU KITA CONTOH CARA JEPANG BERFIKIR…
    JANGAN KALAU SUDAH MOGOK JADI BESI TUA….
    SPARE PART ADALAH SANGAT PENTING LU….

  2. tapi jujur nich, gue ragu tuch mobil bakalan dijual bebas..! Soalnya pemerintah kita suka angin2 an. Kurang peka terhadap kruatifitas anak bangsanya sendiri

  3. Suabar…suabarr….! Mudah2an sebelum 2015. Soalnya yang ngrakit lagi kesulitan modal. Ada yang mo jadi investor?

  4. percuma deh kayaknya …. macet udah di mana-mana, yang harusnya dibuat itu pesawat terbang atau helicopter mini yang bisa dibeli secara pribadi.

  5. Wah, sayang belom ada info yang lebih jelas kapan di jualnya mas. Mendng kita kompetisi yuk… ikut2an bikin desain mobil nasional yang lebih murah dan keren lagi…

  6. kapan dijual dan tolong mentri perdagangan merespon donk……! ini hasil anak bangsa buat apa lhoh mereka disuruh bikin inovasi kalo ahirnya dak dipake…..! BRAVO SMK HASYIM ASY’ARI PUCUK LAMONGAN

  7. Jangan cuma satu. Mending usulkan sebagai fasilitas kendaraan resmi para guru, biar ngajarnya tambah semangat!! Sukses para alumni IKIP.

  8. Betul Setuju…! jangan lupa Lamongan menjadi salah satu pusat pemasaran…. biar pedangang pecelnya tambah keren…! he he

  9. Thanks , I have recently been looking for info about this topic for ages and yours is
    the greatest I have came upon till now. However, what about the conclusion?
    Are you sure in regards to the source?

Terimakasih atas kunjungan dan komentar anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s