POSITIVE COMMUNICATION

POSITIVE COMMUNICATION

Ini pengalaman nyata, ketika beberapa waktu lalu saya “berkunjung” ke sebuah Bank untuk setor tabungan. Setelah menganter sekitar 20 menit, tiba giliran saya untuk maju ke counter Teller sesuai urutan nomor yang saya dapatkan. Buku tabungan saya keluarkan beserta sejumlah uang yang terselip di dalamnya. Sambil tersenyum, dengan cekatan petugas Teller yang cantik dan berjilbab segera meraih buku tabungan saya dan memprosesnya. Tiba-tiba dia berhenti dan memandang ke arah saya sambil bertanya:
“Maaf pak, kapan terakhir Bapak memperbarui transaksi?”
Saya jawab: “Kalau yang dimaksud transaksi tunai saya tidak ingat persis mbak, sepertinya sudah agak lama. Tapi kalau transfer hampir setiap bulan saya lakukan?”
Lalu sahutnya : “Bapak mohon tunggu sebentar, nanti saya panggil lagi. Saya sarankan Bapak jangan malas memperbarui transaksi ya, supaya tidak kelamaan kalau harus cetak seperti ini”.
Penjelasan ramah dari petugas Teller itu terasa tidak nyaman terdengar. Istilah malas yang dia gunakan sangat mengganggu saya, apalagi diucapkan di depan banyak orang. Mungkin maksud dia baik. Tetapi bagi saya fungsi bank lebih sebagai sarana lalu lintas transaksi yang tidak harus dilakukan secara manual dengan mendatangi langsung ke counter. Apa lagi teknologi perbankan yang sekarang ini semakin canggih juga dimaksudkan untuk memberi kemudahan bagi para “nasabah malas” seperti saya.
Saya hanya berfikir, apakah tidak sebaiknya saran yang disampaikan oleh petugas Teller yang cantik, ramah dan berjilbab itu menggunakan pilihan kata yang lebih santun. Bukankah sebagai lembaga dengan predikat high management bank dituntut untuk menerapkan service excellence? Menurut saya “komunkasi yang positif” adalah bagian dari service excellence.
Semoga lain kali saat saya harus mendatangi Bank tersebut, saya bisa bertemu lagi dengan petugas Teller yang cantik, ramah dan berjilbab itu, menyaksikan senyumnya yang manis dan bahasanya yang lebih santun lagi. Semoga

Terimakasih atas kunjungan dan komentar anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s