PARADOKS SEBUAH UNGKAPAN..

keep calm

PARADOKS SEBUAH UNGKAPAN..

Entah paranoid atau tidak, akhir-akhir ini saya agak “ketakutan” membuka beberapa aplikasi komunikasi ataupun medosos melalui smartphone. Bukan apa-apa, dalam beberapa kesempatan ada saja ditemukan ungkapan yang terasa janggal atau aneh yang disampaikan secara sadar oleh mereka yang mestinya punya kadar kesadaran lebih baik ketimbang orang awam.

Saya menyebut “kesadaran” karena pada dasarnya ungkapan yang diwakili kalimat tertulis ataupun gambar adalah bentuk tindakan non-reflektif dari seseorang. Hal ini berarti, sebelum menulis semacam status atau “perang gambar”, sesungguhnya seseorang memiliki kendali penuh atas pilihan kalimat apa atau gambar apa yang mewakili pikirannya saat itu. Jadi mengherankan kalau ada yang merasa menyesal telah “keliru” membuat pernyataan atau merasa “malu” karena salah memposting gambar yang tidak semestinya. Padahal_tidak seperti ujaran yang dapat ditangkap melalui perubahan mimic dan intonasi_ ungkapan tertulis atau gambar adalah symbol yang memiliki kelemahan baku, yaitu ia terbuka untuk “disalah-tafsirkan” orang lain sebagai resptor karena tidak selalu memahami konteks yang melingkupi orang yang memproduksinya.

Ketakutan saya bertambah-tambah, manakala dalam beberapa group “formal” yang saya ikuti dan ummnya diisi oleh member dengan kadar intelektual “lebih”, juga tidak selamat dari fenomena kelatahan bergunjing yang tidak relevan dengan tujuan awal dibentuknya group, sampai memposting gambar yang tidak pantas. Sempat berfikir, apakah mengisolasi diri adalah pilihan yang paling dekat dengan adagium “Katakanlah kebenaran meskipun terasa pahit”.

Hemm… semoga dalam hitungan menit ketakutan saya segera berkurang 0,25%…

Terimakasih atas kunjungan dan komentar anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s